Monday, April 1, 2013

Tugas Sistem Operasi Ringkasan Seminar "PERSPEKTIF TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI DALAM ERA GLOBALISASI”


“PERSPEKTIF TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI DALAM ERA GLOBALISASI”
Pusat Studi Interaksi Manusia dan Teknologi menyelenggarakan kegiatan Seminar Pusat Studi Interaksi Manusia dan Teknologi dengan tema: “Perspektif terhadap interaksi manusia dan teknologi dalam menghadapi era globalisasi“ yang akan diselenggarakan pada: Hari / Tanggal : Selasa / 26 Maret 2013

Waktu : Pukul. 09.00 – 12.30 wib
Tempat : Gedung 4 Lt 6 Auditorium, Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya no. 100, Pondok Cina, Depok
Nara sumber :
1: Prof. Anang Zaini Gani (ITB)
2: Dr. Ing Adang Suhendra
Moderator : Dr. Tubagus Maulana
Interaksi manusia dan teknologi
Sejarahnya :
1.      Masyarakat pertanian (800 SM -1700) penemuan “pacul”.
2.      Masyarakat Industri (1700 – 1970) penemuan alat bantu otot.
3.      Masyarakat informas (1970 – 2000) penemuan alat bantu otak.
Undeveloped country vs unmanageable country. Indonesia merupakan Negara yg unmanageable country artinya Indonesia adalah Negara yg kaya tetapi kekayaan tersebut tidak bisa dimanfaatkan sumber daya dengan maksimal. Negara Indonesia pun masih mengimpor sumber daya alam dll.
Oleh karena itu, teknologi sebagai sarana untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia demi menjaga keberlangsungan dan kenyamanan hidupnya. Sedangkan komunikasi berarti proses peyampaian pesan antara dua orang atau lebih untuk mempengaruhi orang tersebut baik secara langsung maupun tidak.

6 senjata gelap globalisasi :
1.   Demokrasi
2.   HAM
3.   HAKI
4.   Lingkungan
5.   Standarisasi (ISO)
6.   Risk Country


Seminar ke dua Dr. Ing Adang Suhendra

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment).

Sejarah VR :
- 1950 untuk simulasi penerbangan oleh US Air Force
- 1965 untuk program komputer grafik yang disebut The Ultimate Display.
- 1988 untuk pemerintah
- 1991 Pertama kali di komersilkan atau dijual.

Teknologi pada VR

1. Head – Mounted Display (HMD)
2. Binocular Omni – Orientation Monitor (BOOM)
3. Cave Automatic Virtual Environment (CAVE)
4. Data Glove dan Motion Capture
5. Control Device





No comments:

Post a Comment