“PERSPEKTIF TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DAN
TEKNOLOGI DALAM ERA GLOBALISASI”
Pusat
Studi Interaksi Manusia dan Teknologi menyelenggarakan kegiatan Seminar Pusat
Studi Interaksi Manusia dan Teknologi dengan tema: “Perspektif terhadap
interaksi manusia dan teknologi dalam menghadapi era globalisasi“ yang akan
diselenggarakan pada: Hari / Tanggal : Selasa / 26 Maret 2013
Waktu
: Pukul. 09.00 – 12.30 wib
Tempat : Gedung 4 Lt 6 Auditorium, Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya no. 100, Pondok Cina, Depok
Tempat : Gedung 4 Lt 6 Auditorium, Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya no. 100, Pondok Cina, Depok
Nara
sumber :
1: Prof. Anang Zaini Gani (ITB)
2: Dr. Ing Adang Suhendra
Moderator : Dr. Tubagus Maulana
1: Prof. Anang Zaini Gani (ITB)
2: Dr. Ing Adang Suhendra
Moderator : Dr. Tubagus Maulana
Interaksi manusia
dan teknologi
Sejarahnya :
1.
Masyarakat
pertanian (800 SM -1700) penemuan “pacul”.
2.
Masyarakat
Industri (1700 – 1970) penemuan alat bantu otot.
3.
Masyarakat
informas (1970 – 2000) penemuan alat bantu otak.
Undeveloped
country vs unmanageable country. Indonesia merupakan Negara yg unmanageable
country artinya Indonesia adalah Negara yg kaya tetapi kekayaan tersebut tidak
bisa dimanfaatkan sumber daya dengan maksimal. Negara Indonesia pun masih
mengimpor sumber daya alam dll.
Oleh
karena itu, teknologi sebagai sarana untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup
manusia demi menjaga keberlangsungan dan kenyamanan hidupnya. Sedangkan
komunikasi berarti proses peyampaian pesan antara dua orang atau lebih untuk
mempengaruhi orang tersebut baik secara langsung maupun tidak.
6
senjata gelap globalisasi :
1. Demokrasi
2. HAM
3. HAKI
4. Lingkungan
5. Standarisasi (ISO)
6. Risk Country
Seminar ke dua Dr. Ing Adang Suhendra
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer
(computer-simulated environment).
Sejarah VR :
- 1950 untuk
simulasi penerbangan oleh US Air Force
- 1965 untuk
program komputer grafik yang disebut The Ultimate Display.
- 1988 untuk
pemerintah
- 1991 Pertama
kali di komersilkan atau dijual.
Teknologi pada VR
1. Head – Mounted
Display (HMD)
2. Binocular Omni
– Orientation Monitor (BOOM)
3. Cave Automatic
Virtual Environment (CAVE)
4. Data Glove dan
Motion Capture
5. Control Device
No comments:
Post a Comment