Friday, April 20, 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Apa sih yang di maksud dengan Manusia dan cinta kasih?? untuk mengetahuinya silahkan baca di blog ini....
Menurut kamus umum bahasa Indonesia  karya W.J.S Poerwa Darminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang yang mencintai dengan tulus dan ikhlas, dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.


Manusia dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia). Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.


Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita.Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/i, dewasa, dan (orang) tua.

Jadi cinta kasih itu bisa kita berikan kepada siapa saja baik kepada sang pencipta , rasulullah, orang tua, keluarga, teman dll. Apabila kita tidak memiliki perasaan cinta dan kasih maka kita tidak akan bisa bahagia dalam kehidupan ini...
semoga ringkasan ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.....

Referensi :
1. Jablonski, N.G. & Chaplin, G. “Evolusi pewarnaan kulit manusia.” Catatan Teratur Evolusi Manusia          39 (2000) 57-106. (dalam bentuk pdf)
2. Buku Seri diklat kuliah IBD Universitas Gunadarma.




No comments:

Post a Comment