Thursday, October 27, 2011

PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK DI BIDANG SOSIAL

Banyaknya jumlah penduduk sangat berdampak pada kehidupan sosial.  Akibat pertumbuhan penduduk yang tidak merata mengakibakan kesenjangan sosial semakin tinggi,contohnya saja yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Permasalahan tersebut akan memicu munculnya permasalahan baru.
Dengan cara mengatasi pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka harus di lakukan sosialisasi tentang kependudukan. Terdapat permasalahan – permasalahan dalampengaruh pertumbuhan penduduk:
1.      Pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan kemampuan produksi menyebabkan tingginya beban pembangunan berkaitan dengan penyediaan pangan, sandang, dan papan.
2.      Kepadatan penduduk
yang tidak merata menyebabkan pembangunan hanya terpusat pada daerah-daerah tertentu yang padat penduduknya saja. Hal ini menyebabkan hasil pembangunan tidak bisa dinikmati secara merata, sehingga menimbulkan kesenjangan sosial antara daerah yang padat dan daerah yang jarang penduduknya.
3.      Tingginya angka urbanisasi menyebabkan munculnya kawasan kumuh di kota-kota besar, sehingga menimbulkan kesenjangan sosial antara kelompok kaya dan kelompok miskin kota.
4.      Pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan volume pekerjaan menyebabkan terjadinya pengangguran yang berdampak pada kerawanan sosial.

Selain itu pengaruh dari pertumbuhan lainnya yaitu dalam bidang pendidikan, kesehatan dan penghasilan.
Berikut contoh rendahnya tingkat pendidikan penduduk Indonesia disebabkan oleh:
1.      Tingkat kesadaran masyarakat untuk bersekolah rendah.
2.      Besarnya anak usia sekolah yang tidak seimbang dengan penyediaan sarana pendidikan.
3.      Pendapatan perkapita penduduk di Indonesia rendah.

Berikut contoh kualitas kesehatan yang rendah umumnya disebabkan:
1.      Kurangnya sarana dan pelayanan kesehatan.
2.      Kurangnya air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
3.      Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan.
4.      Gizi yang rendah.
5.      Penyakit menular.
6.      Lingkungan yang tidak sehat (lingkungan kumuh).
Dampak rendahnya tingkat kesehatan terhadap pembangunan adalah terhambatnya pembangunan fisik karena perhatian tercurah pada perbaikan kesehatan yang lebih utama karena menyangkut jiwa manusia.

Adapun dampak rendahnya tingkat pendapatan penduduk terhadap pembangunan adalah:
1.      Rendahnya daya beli masyarakat menyebabkan pembangunan bidang ekonomi kurang berkembang baik.
2.      Tingkat kesejahteraan masyarakat rendah menyebabkan hasil pembangunan hanya banyak dinikmati kelompok masyarakat kelas sosial menengah ke atas.

Dengan ini pemerintah harus bertindak untuk melakukan pemeretaan tingkat kesenjangan sosial. Dengan cara memeratakan bidang pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan sehingga menghasilkan tenaga kerja yang terampil. Selain itu pemerintah harus mensosialisasikan tentang migrasi, transmigrasi, danurbanisasi. Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Urbanisasi, yaitu perpindahan dari desa ke kota dengan tujuan menetap. Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduk ke pulau yang jarang penduduknya.


REFERENSI :
http://www.kafeilmu.com/mapok/mp_full.php?id=188&fname=materi2b.html
http://www.kafeilmu.com/mapok/mp_full.php?id=188&fname=materi4.html

1 comment: